Imunisasi Tambahan Pada Bayi




Imunisasi Tambahan Pada Bayi - Imunisasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan oleh sang buah hati anda. Dengan imunisasi dapat mengurangi dan juga mencegah terjadinya wabah penyakit berbahaya.

Pada dasarnya imunisasi wajib yang harus didapatkan oleh bayi anda diantaranya adalah vaksin BCG, hepatitis B, DPT, campak dan polio. Dari berbagai jenis imunisasi tersebut sangat diwajibkan sesuai dengan rekomendasi dari departemen kesehatan republik indonesia. Perlunya anda ketahui bahwa vaksin-vaksin tersebut belum termasuk daftar imunisasi PPI dan tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga perbedaannya bukan dikarenakan perlu atau tidaknya melainkan wajib dan dianjurkan.
Bayi memerlukan imunisasi tambahan
Bayi memerlukan imunisasi tambahan
Berikut adalah imunisasi tambahan pada bayi yang seringkali tidak diketahui oleh masyarakat :

HIB
Yaitu haemophilus influenza tipe B, virus tersebut dapat menyebabkan peradangan selaput otak. Dalam pemberian imunisasi dapat dilakukan pada usia 2, 4, sampai 15 bulan.

Pneumokokus
vaksin ini dapat melindungi tubuh dari bakteri yang sering menyerang yaitu jenis bakteri pneumokokus yang dapat menyebabkan meningitis, infeksi telinga dan pneumonia. Diberikan pada anak usia 1 tahun dengan interval 2 bulan sedangkan apabila diberikan pada antara usia 2 sampai 5 tahun akan diberikan vaksin 1 kali.

MMR atau measles, mups, rubella
Memberikan manfaat untuk melindungi tubuh dari virus seperti campak, rubella serta gondok. Pemberian vaksin ini dapat diberikan pada usia 15 bulan bahkan diulang pada usia 6 tahun.

Influenza
Vaksin ini dapat melindungi tubuh dari virus influenza yang seringkali menyerang. Dalam pemberian imunisasi ini anak umur di atas 12 bulan asalkan anak anda belum mendapatkan vaksin campak pada usia 9 bulan.

Hepatitis A
Imunisasi ini dapat melindungi tubuh dari virus hepatitis A yang dapat menyebabkan penyakit pada bagian hati. Adapun dalam pemberian vaksin ini pada umur di atas 2 tahun dua kali selang interval 6 sampai 12 bulan.


Demikian beberapa imunisasi tambahan pada bayi yang sering tidak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Jadi anda sebagai orang tua juga harus mengetahui beberapa vaksin imunisasi yang seharusnya menjadi tambahan untuk kesehatan bayi anda.