Langkah Tepat Saat Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir




Langkah Tepat Saat Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir - Sering kali seorang ibu yang baru pertama kali memiliki buah hati kecil menanyakan bagaimana caranya merawat bayi? Berapa kali bayi harus dimandikan setiap harinya? Mengapa bokong sang bayi sering berwarna kemerahan? Dan sebagainya.

Apabila Anda termasuk salah satu orang yang menanyakan itu, maka kali ini Anda sangat tepat dalam membaca artikel ini. Simaklah di bawah ini tips cara lengkap merawat sang buah hati.
Merawat tali pusar akan mempercepat pelepasannya
Merawat tali pusar akan mempercepat pelepasannya
Merawat bayi memang bukanlah suatu hal yang terbilang mudah, namun mau tidak mau kalau kita memiliki bayi harus dan wajib untuk kita rawat. Karena kalau tidak dirawat dengan benar dan kebersihannya tidak dijaga, maka akan mudah terserang banyak penyakit. Berikut ini adalah cara bagaimana merawat tali pusat bayi yang baru lahir :

• Perawatan terhadap tali pusat pada bayi yang baru lahir mesti di perhatikan dengan sebaik-baiknya. Karena pada bagian tali pusat ini merupakan bagian yang mudah sekali terkena infeksi. Apabila pada tali pusat bayi yang belum terputus kemudian terkena air pada saat sang buah hati dimandikan, maka secepatnya keringkan dengan menggunakan cotton buds atau dengan menggunakan kain kasa yang steril. Namun jangan pernah bubuhi dengan menggunakan bahan apapun pada pangkal tali pusat ini. Karena pada umumnya tali pusat ini akan terputus antara 1 hingga 2 minggu dari hari kelahirannya. Namun bisa saja terjadi proses dengan lebih cepat ataupun lebih lambat nantinya.

• Perawatan penutup tali pusat dengan menggunakan alkohol sekarang sudah tidak dianjurkan kembali. Saat ini yang lebih dianjurkan adalah cukup dengan cara mengguanakan air matang dan biarkan saja tali pusat terbuka. Usahakan terus tali pusat pada buah hati kecil Anda untuk tetap kering. Pantau dan amati terus akan tanda-tanda infeksi pada tali pusat sang buah hati Anda

Itulah beberapa informasi yang semoga bisa berguna bagi para bunda ataupun ayah yang mungkin baru pertama kali memiliki anak, dan semoga dengan langkah tepat saat merawat tali pusar bayi baru lahir diatas ada manfaatnya.