Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bayi




Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bayi - Kemampuan faktor genetis dapat muncul secara optimal apabila didukung oleh faktor lingkungan yang kondusif, yang dimaksudkan dengan faktor lingkungan di sini adalah in take gizi. Apabila terjadi tekanan terhadap kedua faktor di atas, maka akan muncullah growth faltering.

Selain itu faktor genetik merupakan modal dasar dalam mencapai hasil pertumbuhan. Faktor internal seperti biologis, juga termasuk genetic. Namun kalau faktor eksternal itu bisa seperti pada status gizi.

Pengaruh Pada Pertumbuhan Bayi
Pengaruh Pada Pertumbuhan Bayi


Faktor internal (genetic) merupakan berbagai faktor bawaan, obstetrik, jenis kelamin, dan ras atau suku bangsa. Apabila genetik ini berinteraksi dengan lingkungan yang tidak baik maka akan menghasilkan gangguan pada pertumbuhan. Gangguan pertumbuhan oleh lingkungan juga memungkinkan seseorang tumbuh secara optimal.

Faktor eksternal atau lingkungan antara lain adalah faktor prenatal dan pasca natal. Faktor lingkungan prenatal adalah faktor lingkungan yang mempengaruhi sang anak pada waktu masih di dalam kandungan.Lingkungan prenatal ini yang mempengaruhi gangguan pada pertumbuhan adalah

Gizi pada saat mengandung. Apabila gizi ibu buruk, maka akan menyebabkan berat badan bayi saat lahir akan rendah, kemudian terhambatnya pertumbuhan otak pada janin, anemia pada bayi baru lahir.

Mekanis. Kelainan bawaan pada sang bayi dapat disebabkan oleh trauma dan juga cairan yang kurang. Seperti itulah posisi janin yang tidak normal dapat juga menyebabkan berbagai kelainan pada bayi yang dilahirkan dan pertumbuhan terhambat.

Toksin. Adalah berbagai jenis obat yang bersifat racun.

Endokrin / Hormone : Produksi hormone pertumbuhan terganggu.

Radiasi : Seperti radiasi dari bom atom dan bocornya pipa gas yang beracun.

Infeksi Intrauterine : Seperti varisela, virus hepatitis, malaria, HIV, dan virus influenza.

Stress pada ibu hamil : Apabila ibu hamil stress maka akan mempengaruhi pertumbuhan pada janin.

Demikianlah sedikit paparan yang dapat kami sampaikan untuk Anda mengenai pengaruh pada pertumbuhan bayi. Semoga bermanfaat bagi keluarga Anda untuk menambah ilmu Anda agar dapat menjadikan keluarga yang sehat. Terima kasih.