Memahami Zat Gizi Pada Bayi




Memahami Zat Gizi Pada Bayi - Zat gizi sangat penting untuk tumbuh kembang bayi, para orang tua perlu untuk memahami zat gizi yang dibutuhkan oleh anaknya. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya malnutrisi atau kekurangan gizi. Berikut ini adalah paparan dari kami mengenai zat gizi yang diperlukan untuk sang buah hati, agar tidak terjadi kekurangan gizi pada buah hati Anda, antara lain.

Memahami Zat Gizi Pada Bayi
Memahami Zat Gizi Pada Bayi


Energi : Untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan otak. Pada usia 1 sampai 6 bulan kebutuhan energi akan meningkat sesuai dengan berat badan bayi, kurang lebih 112 kkal/kb berat badan bayi. Kemudian usia 2 tahun, keperluan energi per kilogram berat badan akan menurun.

Protein : Untuk dapat membentuk sel-sel baru yang akan menunjang proses pertumbuhan pada seluruh organ tubuh, pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Kebutuhan protein pada umur 6 bulan sampai 24 bulan adalah 20 gram.

Lemak : Untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf otak pada kecerdasan anak. Antara lain : asam lemak esensial (asam linolenat atau omega 3, asam linoleat atau omega 6) dan asam lemak non esensial (asam oleat atau omega 9, DHA, EPA, AA).

Kalsium : Penting dalam pembentukan tulang dan gigi, kemudian kontraksi dalam otot, dan juga membantu penyerapan vitamin B12 (untuk mencegah anemia dan membantu sel darah merah).

Vitamin A : Untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kelembutan kulit dan pertumbuhan optimal anak.

Vitamin C : Untuk pembentukan kolagen atau tulang rawan, meningkatkan daya tahan tubuh dan penyerapan pada kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

Yodium : Berperan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi sehingga tidak mengalami hambatan, seperti kerdil atau ukuran tubuh yang tidak berkembang. Selain itu juga berfungsi dalam proses metabolisme tubuh, mengubah karoten di dalam makanan menjadi vitamin A.

Zinc atau Zat Seng : Tersebar di semua sel, jaringan dan juga pada organ tubuh. Yang diperlukan untuk pertumbuhan pada fungsi otak dan mempengaruhi respons tingkah laku dan emosi bayi.

Zat Besi : Diperlukan untuk pertumbuhan fisik dan juga mempengaruhi penggunaan energi yang diperlukan pada tubuh dan pembentukan sel darah yang membantu proses penyebaran pada zat gizi serta oksigen ke seluruh organ tubuh.

Asam Folat : Sangat penting pada masa – masa pertumbuhan anak, kemudian memproduksi sel darah merah dan sel darah putih yang terdapat pada sumsum tulang, dan berperan dalam pematangan sel darah merah dan mencegah anemia.

Demikianlah paparan yang dapat kami sampaikan kepada Anda untuk mengetahui kebutuhan zat gizi pada sang buah hati Anda. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.