Kebutuhan Nutrisi Pada Bayi




Kebutuhan Nutrisi Pada Bayi - Selain membicarakan tentang tahap kembang anak, sekarang kami akan memulai mengulas mengenai kebutuhan nutrisi pada bayi apakah yang harus dipenuhi oleh bayi. Berikut ini Nutrisi Gizi untuk bayi yang harus anda penuhi

Kebutuhan Nutrisi Pada Bayi
Kebutuhan Nutrisi Pada Bayi

Kalori : Karena bayi atau balita bergerak aktif, maka anda harus memenuhi kebutuhan kalorinya secara tepat, misalnya pada makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat komplek, gula sederhana, lemak, serta protein.

Lemak : Lemak merupakan salah satu komponen yang paling utama dalam membentuk membran sel yang terdapat pada otak bayi, serta Selubung Mielin yang juga terdapat pada saraf otak. Kemudian sumber lemak bisa kita berikan untuk bayi adalah dari bahan makanan santan, selain itu makanan yang terdapat kandungan omega 3 dan 6, mentega, kue, roti.

Protein : Berfungsi sebagai kandungan yang berguna untuk memelihara / menjaga sel-sel jaringan pada tubuh bayi. Protein sendiri juga dapat memberikan peran yang penting demi tercapainya suatu perkembangan dan kemajuan pada otak optimal. Sumber protein pada makanan seperti: Susu, Ikan, 2ons Daging Segar, 2 Butir Telur, Serta Kacang-Kacangan.

Kalsium : Kalsium berfugsi penting dalam pertumbuhan gigi dan ulang bayi anda. Oleh karen itu usahakan memberikan bayi anda ASI secara teratur, sebab susu merupakan salah satu sumber kalsium bagi tubuh.

Zat besi : Biasanya anak atau bayi cenderung kekurangan zat besinya, oleh karena itu ada baiknya anda memberikan bayi anda dengan makanan yang mempunyai banyak kandungan zat besi yang tinggi. Misalnya makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, karena vitamin C ini akan berfungsi untuk menyerap zat besi dalam tubuh.

Karbohidrat : Karbohidrat merupakan kebutuhan gizi yang paling utama untuk buah hati anda. Karena pada kandungan gizi Karbohidratlah yang nantinya akan membantu perkembangan otak dan proses belajar anak. Misalnya pada makanan : sereal, roti, kentang, dan nasi.

Vitamin yang berperan penting adalah:

Vitamin A : berfungsi untuk perkembangan sel serta kulit bayi sehat
Vitamin C : berfungsi untuk menjaga system penyerapan pada zat besi
Vitamin D : untuk membantu metabolisme kalsium
Vitamin E: berfungsi untuk antoksidan atau daya tahan tubuh pada bayi.


Itulah sedikit paparan mengenai kebutuhan nutrisi untuk bayi anda, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi keluarga agar nutrisi pada bayi dapat terpenuhi.