Pola Tidur Bayi Berpengaruh Pada Kecerdasannya




Pola Tidur Bayi Berpengaruh Pada Kecerdasannya - Kebiasan bayi anda tidur siang adalah sebuah kebiasaan yang sangat baik bagi kesehatan bayi. Dari beberapa ahli mengatakan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan anak terhadap pola tidur.

Manfaat bayi tidur siang adalah membantu dalam mengembangkan kemampuan bayi lebih optimal. Dengan sang buah hati anda teratur tidur siang, pertumbuhan hormon dapat berfungsi dengan sangat baik terhadap aliran darah bayi anda. Selain itu pula tidur siang ini juga memberikan rasa tenang dan memulihkan kembali energi bayi sehingga fungsi otak pada bayi dapat bekerja dengan baik. Yang paling utama adalah pola tidur bayi berpengaruh pada kecerdasannya.
Pola tidur akan berpengaruh pada kecerdasan bayi
Pola tidur akan berpengaruh pada kecerdasan bayi
Tidur bagi bayi merupakan salah satu prioritas utama yang sangat dibutuhkan untuk istrirahat yang banyak. Perkembangan dan pertumbuhan bayi sangat tergantung sekali pada pola tidurnya dan jika bayi kekurangan tidur maka bayi tidak dapat tumbuh dengan optimal sebab saat tidur akan terjadi perbaikan sel-sel otak bayi dan juga hormon produksi. Untuk pola tidur bayi akan terlihat ketika bayi menginjak usia 3 hingga 4 bulan.

Tidur adalah salah satu kegiatan tertentu yang berasal dari otak hingga menyebabkan tidur, masukan dari sensorik tersebut menurun pada korteks serebri. Dengan begitu stimulasi di daerah ini dapat menghasilkan tidur. Namun sebaliknya jika terjadi kerusakan dapat mengakibatkan gangguan pada tidur bayi.

Pada siklus bangun dan tidur bayi ini dikontrol oleh kegiatan neuron yang ada pada RAS ( retricular activating system ). RAS terdiri dari beberapa sistem yaitu retikularis batang otak, basal otak depan dan posterios hipotalamus. Jika pola tidur bayi anda kurang baik maka anda akan mengalami kesulitan ketika akan mulai tidur. Seorang bayi dengan kualitas tidur yang kurang baik dapat menyebabkan mengantuk ketika ia bermain hingga hiperaktif.

Bayi yang sering menangis dan rewel ketika tidur malam, bayi tersebut cenderung kurang berkonsentrasi dan tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu. Banyak sekali faktor yang bisa mengganggu tidur bayi salah satunya adalah kondisi bayi yang lapar, mengompol hingga faktor-faktor lain yang berasal dari lingkungannya.

Itulah pembahasan tentang pola tidur bayi berpengaruh pada kecerdasan yang dapat menambah wawasan anda dan sang buah hati anda.