Awasi Penyakit Keturunan Pada Bayi




Awasi Penyakit Keturunan Pada Bayi - Bayi anda yang baru saja lahir sering kali diuji saring neonatus yaitu salah satu pemeriksaan yang dilakukan pada bayi sehingga dapat mendeteksi penyakit genetik sedini mungkin. Dalam hal ini terkait dengan kebanyakan bayi dengan penyakit bawaan atau keturunan akan terlihat normal saat dilahirkan.

Dengan melakukan uji saring neonatus akan membantu dalam memberikan penanganan dan pengobatan sedini mungkin sehingga bayi dapat memiliki tumbuh kembang yang sama dengan bayi normal lainnya.

Awasi penyakit turunan pada bayi
Awasi penyakit turunan pada bayi
Meskipun demikian ada pula yang memiliki cara lain dalam mendeteksi penyakit keturunan pada bayi. Maka dari itu awasi penyakit keturunan pada bayi sedini mungkin, berikut beberapa cara untuk mendeteksi penyakit keturunan tersebut.

Menelusuri riwayat kesehatan keluarga

Dalam hal ini membutuhkan tes DNA. Anda hanya menelusuri riwayat keluarga besar anda kemudian memberikan gambaran pada pola kesehatan dan juga dapat mengetahui resiko terkena penyakit keturunan.

Uji saring neonatus pada bayi yang baru lahir

Dengan hal ini akan membantu anda dalam mendeteksi penyakit bawaan yang berhubungan dengan kekurangan hormon tiroid yang akan mengakibatkan keterbelakangan mental dan terjadinya hambatan pertumbuhan fisik dan mental pada bayi.

Melakukan respon pada bayi untuk mendeteksi katarak kongenitas atau katarak bayi

Pertama – tama untuk dapat melihat kelainan ini dengan memberikan bayi anda mainan dengan warna – warna yang mencolok kemudian menggerakkan mainan tersebut kearah kanan dan kiri atas dan bawah. Dan selanjutnya anda dapat memperhatikan respon pada bayi, apabila bayi dalam keadaan normal maka bayi anda akan merespon rangsangan ini, mengikuti gerak atau meraih dengan tangannya, akan tetapi bila tidak merespon sama sekali berarti anda harus segera mengkonsultasikan dengan dokter.

Membuat jurnal makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh bayi

Sebagai orang orang sering kali tidak menyadari anaknya terkena alergi, anda pun dapat mendeteksinya sedini mungkin dengan cara membuat buku jurnal minuman dan makanan yang dikonsumsi oleh sang buah hati maupun benda – benda yang dipegang oleh bayi. Untuk memastikannya anda tetap harus mengkonsultasikannya dengan dokter.


Dengan demikian anda patut dan segera awasi penyakit keturunan pada bayi anda, jangan lupa menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari gangguan kesehatan.