Aturan Pemberian Jus Buah Untuk Bayi




Anda mungkin bertanya – tanya, apakah bayi boleh diberikan jus buah? Anda sebagai orang tua yang telah memberikan makanan pendamping ASI pada bayi, jus dapat dijadikan menu untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bayi anda.

Aturan Pemberian Jus Buah Untuk Bayi
Aturan Pemberian Jus Buah Untuk Bayi


Dan tidak hanya itu kandungan nutrisi yang mencukupi kebutuhan sehari – hari melainkan rasa yang dihasilkan dari berbagai jenis buah yang mengandung rasa manis alami lebih mudah diterima oleh sang buah hati anda.

Manfaat dari jus tidak hanya saja memberikan zat – zat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi anda, dari beberapa jenis buah tertentu dapat bermanfaat untuk kesehatan bayi anda terutama dalam sistem kekebalan.

Adapun aturan pemberian jus buah untuk bayi, komponen utama jus buah adalah cairan yang berguna untuk mengimbangi makanan padat yang dikonsumsi oleh bayi sehingga makanan padat tersebut mudah untuk dicerna dan disaring oleh ginjal.

Berikut beberapa aturan dalam pemberian jus untuk bayi

Pemberian jus buah tidak direkomendasikan pada bayi usia 0 sampai 6 bulan, dalam hal ini bayi usia 0 – 6 bulan rentan waktu tersebut bayi hanya memerlukan asi. Salah satunya dikarenakan pada usia bayi tersebut sistem pencernaannya belum matang dan jika pada usia lebih dari 6 bulan bayi sudah bisa diberikan makanan padat dan selanjutnya bayi bisa diberikan jus buah.

Sebaiknya anda memperhatikan kandungan gula yang terkandung di dalam jus buah, jika kandungan gula terlalu banyak gula tambahan maka akan membuat masalah pada gigi sang buah hati, salah satunya timbulnya karies pada gigi, dan sebaiknya anda memberikan jus buah kepada bayi melalui cangkir minum dan tidak diberikan melalui botol sambil tiduran.

Untuk selanjutnya pertimbangkanlah dalam memberikan jus buah harus disesuaikan dengan usia bayi anda. Ketika usia 1 – 4 tahun sebaiknya diberikan 120 sampai 170 ml perhari.

Pemberian jus buah yang cukup banyak akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti diare yang kronis, menyebabkan perut kembung dan nyeri pada bagian perut.

Demikian tips aturan pemberian jus buah untuk bayi , perlunya anda sebagai orang tua benar – benar memperhatikan konsumsi makanan untuk buah hati anda. Semoga bermanfaat bagi anda dan sang buah hati anda.