Cara Menyenangkan untuk Menstimulasi Bayi Merangkak




Cara Menyenangkan untuk Menstimulasi Bayi Merangkak - Merangkak merupakan salah satu tahapan yang dialami oleh bayi dalam setiap fase perjalanan awal ketika mereka mengenal dunia. Pada awal bayi memulai belajar untuk merangkak tak jarang membuat seorang ibu cemas dengan tingkah polahnya karena ketidakmampuan yang belum dimiliki seorang bayi.

Awalnya sebelum seorang bayi dapat merangkak, seyogyanya seorang bayi harus dapat tengkurap terlebih dahulu. Itupun seorang bayi perlu belajar dan tidak dengan tiba – tiba dapat melakukan itu.

Untuk itu, seorang ibu yang bijak akan berusaha mencari cara yang menyenangkan bagi seorang bayi untuk dapat melakukannya dengan semangat dan menyenangkan. Berikut adalah cara menyenangkan untuk menstimulasi bayi merangkak yang dapat anda lakukan di rumah:

• Tummy time Setelah Mandi
Tummy time setelah mandi
Tummy time setelah mandi
Memberikan stimulus pada bayi anda dengan cara mengajari bayi tengkurap sebelum anda mengajarinya merangkak atau tummy time setelah bayi anda mandi. Bisa juga saat pagi dan sore hari yang tentunya masih dalam pengawasan anda.

• Merangkak bersama Bayi
Ibu ikut merangkak bersama bayi
Ibu ikut merangkak bersama bayi
Bayi selalu mengikuti gerakan apa yang anda lakukan. Jika anda sedang mengajari bayi berangkak, alangkah baikknya jika anda juga merangkak agar bayi dapat mengikuti dan merasa senang. Jauhkanlah benda – benda yang dapat melukai bayi anda saat belajar merangkak.

• Bersantai di matras bersama di sore hari
Tiduran di matras
Tiduran di matras
Sambil menghilangkan kepenatan anda setelah beraktivitas, pada sore hari ajak bayi anda untuk bersantai bersama di atas matras agar bayi dapat menyesuaikan diri. Hindarilah untuk sering – sering menggendong bayi agar bayi terbiasa dengan lingkungannya.

• Ajaklah bermain dengan benda favoritnya
Bermain benda favorit
Bermain benda favorit
Meski usianya masih bayi, akan tetapi bayi sudah memiliki ketertarikan pada benda – benda atau mainan yang memiliki warna mencolok sehingga dapat menstimulus keaktifannya.

• Melakukan Terapi Pijat
Terapi pijat di rumah sendiri
Terapi pijat di rumah sendiri
• Mengajaknya ke terapi pijat agar bayi mudah menerima stimulus.
Mengajak bayi ke tempat terapi pijat
Mengajak bayi ke tempat terapi pijat

Bagi anda yang sudah berhasil melakukan stimulus merangkak, anda dapat memperhatikan kemampuan merangkak bayi. Sedangkan apabila bayi anda masih mengesot itu berarti otot – ototnya masih lemah. Anda dapat melatihnya untuk meningkatkan motorik kasarnya dan berkonsultasilah ke dokter spesialis.