Pengaruh Orang Tua Perokok Pada Kesehatan Bayi




Pengaruh Orang Tua Perokok Pada Kesehatan Bayi - Rokok memiliki kandungan zat yang berbahaya bagi penggunanya dan orang-orang di sekitarnya. Namun sayangnya tingkat pecandu rokok yang sangat banyak mengakibatkan kurangnya kesadaran manusia untuk tidak merokok maupun berhenti merokok.

Dampak rokok tidak hanya menyerang perokok itu sendiri namun juga menyerang perokok pasif. Perokok pasif merupakan orang yang sering menghirup asap rokok. Meski hanya sebatas menghirup, kandungan asap rokok juga sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Lalu bagaimana dengan orang tua perokok yang memiliki anak masih bayi?

Orang tua perokok secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan anak. Disadari atau tidak, pada saat kita merokok anak akan menghirup asap dari rokok orang tua dan hal tersebut akan membahayakan kondisi kesehatan bayi anda.

Oleh karena itu kami akan membahas tentang pengaruh orang tua perokok pada kesehatan bayi.

• Organ tubuh bayi belum kuat
Pada saat anak masih berusia di bawah lima tahun atau masih bayi, organ tubuh anak masih belum kuat dalam mempertahankan kekebalan tubuhnya. Asap rokok yang terhirup oleh bayi akan mengakibatkan saluran pernapasan bayi menjadi tidak teratur.
Organ bayi belum kuat menerima asap rokok
Organ bayi belum kuat menerima asap rokok
Bukan hanya itu saja, bayi yang secara tidak sengaja menghirup asap rokok akan mengakibatkan detak jantung menjadi lemah dan potensi penyakit asma akan timbul pada bayi anda. Kesalahan yang paling fatal adalah jika bayi tersebut baru lahir dan menghirup asap rokok akan mengakibatkan ketidakstabilan jantung pada bayi yang berakibat serangan jantung bahkan kematian.

• Merusak sistem kandungan ibu hamil

Seorang ibu perokok juga akan membahayakan bayinya, kandungan nikotin yang diserap tubuh pada saat kehamilan akan mengakibatkan lemahnya janin yang berakibat keguguran. Sekalipun janin kuat, kelahiran bayi dari seorang ibu perokok patut untuk diwaspadai karena bayi bisa lahir dengan kondisi cacat maupun mengalami keterbelakangan mental.
Terjadinya keguguran pada ibu hamil yang merokok
Terjadinya keguguran pada ibu hamil yang merokok
Kandungan nikotin akan merusak semua system pada kandungan ibu hamil seperti kerusakan plasenta, pertumbuhan bayi yang buruk dan potensi penyakit kanker pada bayi.

• Penularan nikotin pada bayi
Bayi akan tertular lewat pakaian dan mulut orangtua yang merokok
Bayi akan tertular lewat pakaian dan mulut orangtua yang merokok
Dengan semua dampak rokok pada bayi diatas, hentikanlah merokok mulai saat ini. Karena bukan hanya anda saja yang akan dirugikan oleh bahaya rokok tersebut. Perlu anda ketahui bahwa meski anda menjauhkan asap rokok pada bayi anda, asap tetap akan menempel pada baju yang anda kenakan dan kandungan nikotin juga akan menempel pada bibir dan mulut anda. Apabila anda mendekat dan mencium bayi anda, secara tidak sadar anda telah menularkan bahaya rokok pada bayi.

Untuk itu solusi terbaik bagi anda adalah belajarlah memulai pola hidup sehat tanpa rokok demi kebaikan dan masa depan buah hati anda.

Demikianlah keterangan tentang pengaruh orang tua perokok pada kesehatan bayi, semoga hal diatas menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda dan keluarga anda.