Mencegah bayi cacingan




Mencegah bayi cacingan - Dari berbagai penyakit yang sangat dikhawatirkan oleh setiap ibu adalah penyakit cacingan pada anak. Disebabkan oleh penyakit cacing yang menghambat cara berkembangnya tubuh pada bayi hingga ia tampak kurus dan tidak sehat.

Berat badan yang terlihat kurus dengan perut yang membuncit adalah salah satu ciri anak mengalami cacingan Atasilah penyakit ini dengan cara yang tepat sebab jika tidak, penyakit ini akan menghambat setiap perkembangan tubuh bayi sehingga tubuh bayi tidak dapat berkembang secara baik.

Berikut cara mencegah bayi cacingan pada dari lingkungan dan juga dari bayinya sendiri.

Faktor lingkungan atau tempat tinggal
Adalah salah satu faktor yang menyumbang besar terhadap penyakit cacingan. Demi menjaga kesehatan bayi anda, lakukanlah beberapa hal seperti memeriksa sumber air di sekitar rumah agar tetap bersih dan menjaga kebersihan rumah serta kebun rumah anda dari kotoran hewan yang berada di area belakang rumah.
Lingkungan harus bersih dari penyebab cacingan
Lingkungan harus bersih dari penyebab cacingan
Kesehatan bayi terhadap cacingan dipengaruhi oleh kebersihan serta pola kehidupan orang tuanya sendiri. Maka sebagai orang tua harus berusaha selalu untuk hidup bersih dan sehat dengan melakukan hal kecil seperti mencuci semua bahan – bahan makanan yang akan dimasak, mencuci peralatan yang ada di dapur, mencuci hingga bersih peralatan bayi yang akan digunakan dan memotong kuku dengan rutin serta menghindari memberikan daging yang belum matang pada bayi.

Faktor dari bayi itu sendiri
Faktor ini dapat menjadi faktor penyebab cacing masuk kedalam tubuh bayi dengan sangat mudah. Anda sebagai orang tua dapat melakukan cara untuk menghindari cacing masuk pada tubuh bayi seperti membiasakan bayi mandi sehari 2 kali, memberikan antiseptik khusus pada bayi di bak mandinya, memotong kuku tangan dan kaki, dan jika keluar rumah biasakan menggunakan alas kaki serta baju yang bersih.
Mandi teratur bisa menghilangkan cacingan
Mandi teratur bisa menghilangkan cacingan
Usahakan anak anda jika bermain jauh dari area tanah, karena bukan tidak mungkin area tanah telah terkontaminasi oleh kotoran hewan maupun bakteri. Berikan obat cacing rutin agar tidak terserang cacingan.


Faktor-faktor di atas adalah beberapa cara mencegah bayi cacingan yang mudah untuk mengurangi cacingan pada bayi anda.