Tips Mengatasi Bayi Yang Susah Tidur




Tips Mengatasi Bayi Yang Susah Tidur - Di usia bayi yang menginjak usia 3 bulan, sering kali bayi melakukan gerakan mengangkat kepala dan bahunya ketika bayi anda sedang tengkurap. Bahkan bayi anda sesekali berguling-guling. Pada dasarnya kemampuan fisik bayi semakin bertambah hingga mampu dan membuat anda memperketat pengawasan anda.

Pada suatu kondisi tertentu bayi anda mungkin akan mengalami tidur gelisah yang ditandai dengan tidak nyaman dengan posisi tidurnya. Bayi cenderung berguling-guling, napas tidak teratur dan tubuh cenderung menegang. Bayi yang mengalami tidur gelisah dapat terjadi karena beberapa faktor, yaitu salah satunya dikarenakan mengalami perubahan fase tidur yaitu rapid eye movement (REM) dan bahkan tidur bayi gelisah seringkali terjadi pada usia bayi 6-7 bulan di dalam kandungan. Berikut ini adalah tips mengatasi bayi yang susah tidur.
Tips mengatasi bayi yang susah tidur
Tips mengatasi bayi yang susah tidur
Salah satu penyebabnya adalah batuk dan flu sehingga menyebabkan kesulitan tidur nyenyak dan dalam hitungan menit bayi anda akan tidur sebentar saja. Solusinya adalah dengan mengusahakan agar posisi kepala bayi lebih tinggi dari kaki sedangkan apabila hidungnya tersumbat maka anda dapat menggunakan alat penyedot ingus khusus untuk bayi. Apabila diperlukan anda dapat menggunakan balsem khusus bayi pada bagian dadanya unutk melegakan pernapasan bayi anda.
Ketika bayi anda haus dan lapar, umumnya bayi tidak cukup mendapatkan asupan ASI atau MPASI. Bayi anda sering merasa gelisah tidur disertai dengan kondisi yang rewel. Maka solusinya bagi anda sebaiknya berikan makan yang cukup 1-2 jam sebelum tidur pada bayi anda.
Selanjutnya adalah ruam popok, biasanya penyebabnya seringkali karena tidak terjaga atau dikarenakan asupan antibiotik ASI. Dalam keadaan kondisi tertentu bakteri yang terdapat di dalam urine akan terurai menjadi amonia sehingga mengalami ruam yang bertambah parah. Kondisi tersebut membuat kualitas tidur bayi akan terganggu dan solusinya yang pertama adalah gantilah popok basah sesering mungkin dan hindari menggunakan tisu. Keringkan bagian basah dan hindari menggunakan popok yang terlalu kencang.

Dengan demikian janganlah anda terburu-buru untuk menyimpulkan kalau bayi anda dalam keadaan gangguan kesehatan yang parah. Dengan tips mengatasi bayi yang susah tidur di atas, semoga anda sebagai orang tua lebih memahami bayi anda.