Mengenali Mata Juling Pada Bayi




Mengenali Mata Juling Pada Bayi - Anda sangat senang ketika bermain dengan bayi mungil anda yang berkembang pesat. Setiap perubahan bayi meskipun kecil yang dilakukan sangatlah berarti, terlebih lagi bagi bayi yang sudah mengenal warna dan memiliki benda favoritnya. Meskipun begitu kecemasan dirasa oleh orang tua ketika bola mata bayi anda tidak dapat bergerak secara sinkron sehingga membuat anda bertanya-tanya, apakah ini merupakan tanda mata bayi juling?

Anda sebagai orang tua jangan dulu khawatir karena pada umumnya kordinasi gerakan pada kedua mata bayi yang baru lahir memang masih belum terbentuk. Dari faktor tersebutlah yang menyebabkan terjadinya nystagmus dan juling.
Mengenali mata juling pada bayi
Mengenali mata juling pada bayi
Arti dari nystagmus sendiri terjadi karena gerakan ritmik tanpa adanya kontrol dari mata dan sedangkan juling merupakan gangguan yang terjadi pada kedua mata yang tidak simetris sehingga terlihat seperti satu mata melihat lurus dan sedangkan mata lain terlihat kearah lain.

Berikut beberapa cara untuk mengenali mata juling pada bayi yang bisa anda lakukan.

Dari mata bayi bisa fokus optimal pada usia 3 – 6 bulan. Maka dari itu anda dapat melakukan tes kepekaan fokus pada bayi dimulai pada usia 3 bulan. Anda bisa mencoba dengan beberapa mainan yang berwarna terang. Arahkanlah mainan yang berwarna yang dia sukai dan amatilah apakah si kecil fokus kedua matanya tertuju pada objek yang sama atau tidak.
Apabila mengalami perbedaan fokus, anda jangan terburu-buru mengatakan bahwa bayi anda juling sebelum usia bayi anda 6 bulan. Sebelumnya lakukan tes mata pada saat usia sang buah hati anda 6 bulan, yaitu dengan cara melakukan permainan sederhana di rumah. Sorotkanlah cahaya senter pada arah tengah-tengah di antara kedua mata bayi sehingga anda dapat mendeteksi refleks cahaya dari mata bayi di tengah-tengah anda.

Anda baru bisa bernafas lega karena memang mata bayi anda tidak memiliki masalah dan sedangkan pada bayi yang tidak di tengah maka kemungkinan bayi anda mengalami juling.

Itulah beberapa cara untuk mengenali mata juling pada bayi yang bisa coba lakukan kepada sang buah hati anda.