Mengetahui Pengaruh Televisi Pada Perkembangan Si Buah Hati




Mengetahui Pengaruh Televisi Pada Perkembangan Si Buah Hati - Banyak orang tua yang menjadikan televisi sebagai alat agar bayinya tidak rewel. Dari situ bayi akan menjadi pendengar pasif dari tokoh-tokoh yang berbicara pada televisi tersebut namun bayi Anda tidak mengerti dengan apa yang dibicarakan, dan akibatnya anak akan lebih terlambat untuk belajar berbicara.

Dalam mengajari sang bayi untuk berbicara, ada 2 hal yang penting dalam komunikasi. Pertama belajar bagaimana komunikasi secara dua arah dan bagaimana bentuk mimik wajah tersebut. Sangat berbeda dengan ketika bayi menonton televisi, sehingga bayi tidak dapat mempelajari itu. Namun apabila bayi Anda sedang menonton televisi, maka sebaiknya Anda mendampinginya untuk memberikan penjelasan tentang maksud dari apa yang dilihat dan diperagakan di televisi tersebut, sehingga bayi mengerti.
Televisi bisa berpengaruh buruk pada bayi
Televisi bisa berpengaruh buruk pada bayi
Terkadang banyak juga para ibu membiarkan dan malah mengajarkan sang bayi untuk saat mau tidur sambil menonton televisi, padahal cara seperti itu kurang benar. Bahkan suara dan cahaya dari televisi tersebut bisa mengganggu bayi untuk tidur. Selain itu perlu Anda ketahui, bahwa gangguan pada saat tidur ini bisa berpengaruh pada perkembangan otak dan pertumbuhan hormon bayi.

Saat bayi tidur pertumbuhan sel otak mencapai hingga 3 kali lebih banyak dibandingkan ketika sedang bangun. Semua sel-sel di dalam tubuh, termasuk otot, kulit, tulang,ginjal, hati, pembuluh darah, otak, serta metabolisme pada tubuh membutuhkan pemulihan bagi pertumbuhan bayi yang sangat pesat.

Selain itu, jika bayi terlalu sering dibiarkan menonton televisi maka dapat mempengaruhi kesehatan mata pada bayi. Karena pancaran sinar biru di dalam televisi bisa mengakibatkan rusaknya retina pada mata bayi. Bayi terlahir dengan lensa mata yang jernih dan bening, mata bayi pun mudah sekali rusak karena terkena sinar biru dari pancaran televisi tersebut. Jadi sebaiknya para orang tua untuk lebih menjaga kondisi sang buah hati Anda dari hal-hal yang kurang diperlukan yang bisa mengganggu kondisi pertumbuhan pada bayi Anda.

Informasi diatas hanya sekedar tambahan wawasan bagi Anda para bunda. Agar lebih tahu soal ini, sebaiknya disarankan datang dan berkonsultasi pada ahlinya. Bukankah memperhatikan tumbuh kembang anak disaat masih kecil itu sangat penting? semoga informasi kali ini tentang mengetahui pengaruh televisi pada perkembangan si buah hati dapat bermanfaat.