Tips Merawat Bokong Bayi Yang Baru Lahir




Tips Merawat Bokong Bayi Yang Baru Lahir - Pada area ini sangat mudah terkena masalah, karena seringnya berkontak dengan popok basah yang terkena macam-macam iritasi dari bahan kimia dan juga mikroorganisme penyebab infeksi dari air kemih / tinja. Bisa juga karena gesekan-gesekan dengan popok atau bajunya. Biasanya akan timbul gejala gatal-gatal dan merah di sekitar bokong si bayi.

Meski tidak semua bayi mengalaminya, akan tetapi pada beberapa bayi, penyakit gatal-gatal dan merah di bokong ini cenderung berulang timbul. Cara pencegahan yang terpenting ialah dengan mempertahankan area ini tetap kering dan selalu dijaga kebersihannya. Jika usaha pencegahan ini tidak berhasil, maka yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut :
Merawat bokong bayi yang baru lahir
Merawat bokong bayi yang baru lahir
• Jangan menggunakan diapers sepanjang hari. Sebaiknya cukup saat tidur malam atau saat bepergian saja.
• Jangan berpindah-pindah merek diapers. Sebaiknya gunakan hanya satu merek yang cocok untuk bayi Anda.
• Kemudian lebih baik gunakan popok kain pada waktu santai sepanjang hari di rumah. Jika terpaksa memakai diapers, kendurkan pada bagian paha untuk ventilasi dan seringlah membawa cadangan dan menggantinya tiap kali ia habis buang air kecil / besar.
• Tidak ada salahnya sesekali membiarkan bokongnya terbuka agar tidak berkeringat dan jika perlu biarkan si bayi tidur dengan bokong terbuka. Namun pastikan suhu pada ruangan cukup hangat sehingga si bayi tidak kedinginan.
• Jika terjadi peradangan kulit karena popok pada bayi Anda tidak lekas membaik dalam 1-2 hari atau bahkan jika timbul lecet atau bintik-bintik kecil, maka hubungi dokter spesialis anak demi kesehatan buah hati kecil Anda.
• Selanjutnya perhatikan faktor makanannya. Para ibu yang menyusui bayinya dengan ASI seharusnya menghindari makanan yang mengandung banyak lemak, asam dan juga pedas, karena dapat membuat bayi lebih sering buang air besar sehingga pantatnya bisa menjadi lecet. Hal ini harus diobati dengan obat resep dari dokter.

Bagi para bunda yang baru saja memiliki anak, mungkin ulasan diatas tentang tips merawat bokong bayi yang baru lahir dapat bermanfaat untuk merawat bokong bayi setiap harinya.