Tips Merawat Area Hidung Telinga dan Mulut Bayi




Tips Merawat Area Hidung Telinga dan Mulut Bayi - Untuk merawat bayi baru lahir memang membutuhkan keahlian khusus karena merupakan hal yang tidak mudah. Terutama pada bagian-bagian yang berlubang misalnya hidung, telinga dan juga mulut. Ketiga lubang tersebut sebenarnya sangatlah rawan serangan kuman karena dari sisi tempatnya yang berlubang sehingga tidak terlihat bagaimana kondisinya. Maka dari itu, Anda sebagai orang tua sebaiknya lebih memperhatikan kembali untuk membersihkan ketiga bagian tersebut.

Merawat bagian dalam hidung
Merawat hidung bayi harus hati-hati
Merawat hidung bayi harus hati-hati
Bagian dalam hidung mempunyai daya pembersih sendiri dan tidak perlu perawatan yang khusus. Jika ada cairan atau kotoran yang keluar, maka bersihkan bagian luarnya saja. Jangan gunakan tisu yang digulung kecil, cotton buds, atau jari Anda untuk mengeluarkan kotoran tersebut, karena Anda hanya akan mendorong kotoran tersebut lebih jauh ke dalam atau bahkan dapat menggores membran pembatas hidung yang sangat peka pada bayi.

Ada cara yang lebih efektif untuk membersihkan hidung sang bayi dari lendir atau kotoran yaitu dengan menutup sebelah lubang hidung dengan jari lalu isap sebelahnya, namun tetap dengan cara yang lembut. Lakukan secara bergantian. Jangan sekali-sekali melakukan mengisap kedua lubang hidung sekaligus karena berbahaya. Sebab lendir dapat naik ke telinga tengah yang nantinya dapat berinfeksi pada telinga tengah.

Merawat telinga pada bayi
Merawat lubang telinga bisa menggunakan cotton buds yang basah
Merawat lubang telinga bisa menggunakan cotton buds yang basah
Seperti pada hidung, lubang telinga juga tidak boleh dimasukkan dengan benda apapun terlalu dalam. Jika terdapat kotoran, maka anda bisa menggunakan cotton buds yang dibasahi air hangat agar kotoran tersebut lunak dan mudah dikeluarkan.Sementara daun telinga bisa dibersihkan setiap kali memandikan sang bayi.

Merawat mulut bayi
Endapan susu akan hilang dengan sendirinya
Endapan susu akan hilang dengan sendirinya
Tidak ada perawatan khusus, termasuk juga membersihkan endapan susu pada lidah bayi. Endapan susu tidak perlu dibersihkan.sampai nanti pada saat usia 3 bulan karena endapan susu akan hilang dengan sendirinya seiring bayi yang sudah mulai memakan makanan yang padat. Jadi, cukup diberi air putih saja untuk membersihkannya. Namun setelah bayi tumbuh gigi, bolehlah gusi dan gigi dibersihkan sekali dalam sehari dengan kasa yang steril yang dibasahi dengan air matang.


Mungkin itu saja yang bisa penulis bagikan di informasi kali ini tentang tips merawat area hidung telinga dan mulut bayi. Semoga dapat bermanfaat.