5 Pengaruh Pola Asuh Pada Perkembangan Bayi




5 Pengaruh Pola Asuh Pada Perkembangan Bayi - Pola mengasuh sangatlah berpengaruh dalam kepribadian sang buah hati Anda, karena pada saat mengasuh secara otomatis anak akan merekam dan bahkan terkadang ada yang menirukannya, maka dari itu Anda harus sangat berhati – hati dalam hal ini.

Pola Asuh Pada Perkembangan Bayi
Pola Asuh Pada Perkembangan Bayi

Pola asuh bayi di bagi menjadi 5 macam, yaitu:

Pola asuh demokratis

Pola asuh ini lebih mementingkan hak dan kewajiban anak, namun juga tidak ragu – ragu dalam mengendalikan anak. Orang tua type ini memberikan kebebasan dan ketegasan kepada anak, dalam memlih dan melakukan suatu tindakan, dan pendekatannya terhadap anak pun bersifat hangat.

Pola Asuh Otoriter

dalam pola asuh seperti ini cenderung memaksa, dan biasanya banyak menggunakan ancaman, misalkan kalau anak tidak mau makan, anak nggak di belikan mainan. Orang tua tipe seperti ini tidak memerlukan umpan balik dari anaknya untuk dapat mengerti dan mengenal anaknya.

Pola Asuh Permisif

orang tua tipe seperti ini biasanya sering memanjakan anaknya, dan memberikan kebebasan kepada anaknya dengan pengawasan yang kuran. Namun tipe ini biasanya bersifat hangat kepada anak, dan seringkali disukai oleh anak.

Pola Asuh Penelantar

Pola ini biasanya cenderung benturan dari ekonomi keluarga, sehingga biasanya anak tidak di awasi karena orang tua sibuk dengan dirinya sendiri misakan bekerja, sedangkan anak mau di kasih uang saku atau makan hingga membeli mainan tidak diberikan karena takut kurang untuk keperluan yang lainnya. Biasanya orang tua yang depresi, mereka cenderung menelantarkan anaknya secara fisik dan psikis. Ibu yang depresi pada umumnya tidak mau memberikan perhatian fisik dan psikis yang lebih pada anak-anaknya.

Pola asuh orangtua yang tidak terbatas, dan bersifat konsisten dari waktu ke waktu

Pola asuh anak sangat berpengaruh sekali terhadap pembentukan kepribadian anak. Terutama keluarga merupakan tempat sosialisasi pertama bagi anak, karena seorang anak akan meniru perilaku dari orang tuanya. Karena hal itulah yang nanti akan dibawa anak hingga tua.

Sedikit itu saja ulasan kali ini tentang 5 Pengaruh Pola Asuh Pada Perkembangan Bayi, karena kepribadian itu sangat sulit untuk dirubah saat ia menginjak dewasa. Maka dari itu Anda gunakan pola asuh yang baik dengan memberikan pelajaran dan tanggungjawab yang baik kepada anak. Semoga bermanfaat dan terima kasih.