Tips yang Aman Mengajarkan Bayi Berenang




Tips yang Aman Mengajarkan Bayi Berenang - Berenang adalah salah satu aktifitas favorit bagi anak-anak karena olahraga air ini sangat bermanfaat untuk kesehatan anak. Tetapi masih banyak orang tua yang bingung ketika mengajarkan anaknya berenang dan dimana waktu yang tepat untuk memulai mengajarkan anak berenang.

Perlu anda sebagai orang tua harus diketahui bahwa usia bayi sudah memiliki kemampuan berenang. Hal ini berhubungan dengan kemampuan bayi di dalam kandungan yang sudah terbiasa dengan air ketuban. Pada usia 4 bulan bayi telah memiliki kemampuan refleks menyelam.
cara aman mengajarkan bayi berenang
Cara aman mengajarkan bayi berenang
Dari bantuan kelas renang atau privat renang khusus untuk bayi akan mengurangi kekhawatiran anda sebagai orang tua. Kelas berenang ini biasanya terdiri dari sekitar 10 bayi yang akan dipandu oleh seorang instruktur. Seorang instruktur akan membagi beberapa tahapan sehingga kegiatan berenang menjadi santai dan menyenangkan.

Berikut ini adalah tips yang aman mengajarkan bayi berenang yang bisa anda terapkan di rumah.

Kolam khusus
Pada saat anda mengajarkan berenang pada anak, beberapa hal di antaranya adalah pilihan kolam yang memberikan kelas khusus untuk ibu dan bayi. Dalam hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan selama anda dan bayi anda di tempat berenang umum.

Ketahui kondisi kesehatan ibu dan bayi
Sebelum berenang ketahui kondisi kesehatan anda dan bayi anda, apabila anda mengalami masalah gangguan pencernaan atau kembung sebaiknya tidak melakukan aktifitas berenang.

Berikan rasa nyaman
Berikanlah rasa nyaman ketika berenang bersama sang buah hati anda. Melakukan aktifitas renang sebaiknya mengajarkan bayi anda berenang dengan menjaga kontak mata dengannya. Berikanlah senyum dan dorongan utnuk belajar berenang.

Cara mengenalkan kolam renang pada bayi adalah meletakkan bayi di tepi kolam kemudian melatihnya sedikit demi sedikit agar bayi anda tidak terkejut. Dengan salah satu cara anda dapat duduk di tepi kolam dan kemudian memasukkan bayi anda setengah badannya ke kolam renang.

Tunjukkanlah keberanian kepada sang buah hati saat berenang sehingga anda bisa meyakinkan sang buah hati anda bahwa berenang adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Tunjukkan pada bayi anda bagaimana untuk meniup gelembung di air. Kemudian anda dapat mengambil posisi dengan cara membaringkannya terlentang dengan kepala bersandar di bahu anda dan dorong dia agar menendang kakinya.


Semoga tips yang aman mengajarkan bayi berenang bermanfaat bagi anda dan sang buah hati anda.