8 Cara Stimulasi Kecerdasan pada Bayi




8 Cara Stimulasi Kecerdasan pada Bayi - Mutiple intelegensi adalah berbagai jenis kecerdasan yang dapat dikembangkan pada anak. Macam macam kecerdasan itu antara lain adalah sebagai berikut:

Kemampuan menggunakan logika – matematika dalam memecahkan berbagai masalah, kemampuan memahami dan memanfaatkan lingkungan, kemampuan menguraikan pikiran kedalam kalimat – kalimat, kemampuan berekspresi dengan bunyi, nada dan irama, kemampuan menyesuaikan diri dengan orang lain, kemampuan berfikir tiga dimensi, dan kemampuan gerak, menari, olahraga.

Stimulasi Kecerdasan pada Bayi
Stimulasi Kecerdasan pada Bayi

Faktor keturunan dan bawaan merupkan faktor yang sangat besar dalam mempengaruhi kemampuan intelegensi akan tetapi, faktor keturunan dan bawaan bukanlah faktor yang mutlak untuk mempengaruhi intelegensi seseorang.

Berikut ini adalah 8 Cara Stimulasi Kecerdasan pada Bayi Sebagai berikut :

1. Kecerdasan emosi inter-personal

Yaitu stimulasi dengan cara bermain dengan anak yang lebuh tua, meminjamkan mainan, bersalaman dengan orang lain.

2. Kecerdasan emosi intra-personal

Kecerdasan emosi intra-personal adalah stimulasi dengan cara mengungkapkan keinginan, cita – cita, pengaaman, bahkan khayalan.

3. Kecerdasan berbahasa verbal

Stimulasi dengan cara mengajak berbicara, bernyanyi lagu anak – anak, ataupun bercakap – cakap.

4. Kecerdasan logika-matematik

Stimulus yang dapat dilakukan dengan bernyanyi, bercerita dengan angka, berhitung benda – benda disekitar yang mengajarkan kejelian dan ketelitian dalam suatu tidakan yang akan mereka ambil.

5. Kecerdasan Naturalis

Dapat dilakukan dengan bercerita dalam gambar, benda, alam, dan kegiatan yang ada di sekelilingnya sehingga tanpa kita sengaja sekaligus kita mengajarkan kepada bayi mengenai kecintaan mereka terhadap lingkungan dan sesama yang secara tidak langsung akan mempengaruhi pola fikirnya pula.

6. Kecerdasan visual-spatial

Stimulus dengan melihat gambar atau foto yang memberikan imajinasi sehingga pola fikir bayi mulai terbentuk dan menjadikan pondasi mendasar untuk masa depannya.

7. Kecerdasan musical

Stimulus dengan musik, irama, drama yang secara tidak langsung dan tanpa mereka sadari akan mempengaruhi tingkat kecerdasan bayi.

8. Kecerdasan visual-spatial

stimulus motorik kasar dengan melakukan gerakan – gerakan tubuh yang dapat merangsang imajinasi anak sehingga tingkat kecerdasannya dapat meningkat.

Demikianlah ulasan 8 Cara Stimulasi Kecerdasan pada Bayi, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang bahagianya memiliki bayi. Terimakasih.