Tips Merangsang Kemampuan Otak Bayi




Tips Merangsang Kemampuan Otak Bayi - Memiliki bayi yang pintar, cerdas dan memiliki keunggulan pada suatu bidang tentu saja membuat Anda sangat terkagum dan bangga. Penelitian menyatakan bahwa usia kandungan 6 bulan kemampuan pada otak bayi 75 % besar dari otak dewasa dan pada memasuki usia kandungan 8 bulan juga memiliki kemampuan dalam menanggapi kejadian disekitarnya, sehingga pada usia 0 hingga 3 tahun bayi sangat dibutuhkan dukungan untuk mengoptimalkan kemampuan otaknya.



Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat mendukung dalam pengembangan otak sang bayi, seperti omega 3. Selain itu berbagai kegiatan misalnya berkomunikasi yang Anda lakukan pada bayi, sentuhan, kemudian pandangan dan gerakan ringan seperti pelukan, karena akan membantu bayi dalam merangsang kemampuan otaknya.

Berikut ini adalah beberapa tips merangsang kemampuan otak sang bayi:

Melakukan pemijatan santai pada bayi, karena dengan melakukan pemiijatan santai pada bayi akan merangsang sel saraf otak bayi yang dapat mengoptimalkan kemampuan otak bayi.

Anda dapat membantu bayi untuk melakukan senam ringan, dengan cara menggerakan tangan bayi menyilangkan ke bagian depan dadanya dengan empat kali hitungan, kemudian menggerakan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda dengan hitungan yang sama.

Usahakan selalu mengajak sang bayi berkomunikasi, meskipun bayi Anda belum mengerti. Karena hal itu dapat merangsang kemampuan otaknya.

Anda dapat menunjukkan gambar dengan warna kontras untuk melatik otak bayi dalam menghafal.

Usahakan untuk mengubah posisi bayi selama 30 menit sekali untuk mengenal di sekitarnya.

Dengan memeluk bayi Anda, merupakan salah satu rangsangan untuk otak sang bayi dalam memperkenalkan perasaan rasa cinta dan kasih sayang yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkannya semenjak bayi lahir.

Kenalkan bayi Anda kepada orang lain di lingkungan sekitarnya, agar dapat berinteraksi dengan cara mengenalkan saudara, tetangga dan bayi sebayanya sehingga akan membantu dalam penyesuaian dalam perkembangannnya.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merangsang kemampuan otak bayi Anda, untuk menjadikan anak yang pintar dan cerdas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.