Manfaat Imunisasi Pada Bayi




Manfaat Imunisasi Pada Bayi - Imunisasi merupakan proses pemberian vaksin pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai kekebalan sistem imun. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk bayi dan balita yang masih memiliki daya tahan tubuh lemah dan rentan terhadap beberapa jenis penyakit. Pemberian imunisasi pada bayi harus dilakukan dalam rangka melindungi tubuh bayi dari serangan virus.

Ada berbagai macam jenis imunisasi yang sering kita dengar dan kita ketahui yaitu imunisasi untuk penyakit campak, polio, hepatitis A dan B serta penyakit tetanus. Dengan adanya imunisasi, bayi akan terhindar dari serangan penyakit berbahaya tersebut. Pemerintah sudah sejak lama mencanangkan program imunisasi pada bayi sebagai langkah pencegahan agar bayi terhindar dari penyakit.
Imunisasi pada bayi banyak manfaatnya
Imunisasi pada bayi banyak manfaatnya
Lantas apakah manfaat dari imunisasi tersebut? Berikut ini kami akan membahas tentang manfaat imunisasi pada bayi yang perlu anda ketahui.

Mencegah timbulnya penyakit yang membahayakan bayi
Umumnya bayi terserang penyakit sebelum dilakukan imunisasi. Oleh karena itu melakukan pencegahan dengan cara imunisasi merupakan langkah terbaik untuk mengantisipasi agar bayi memiliki masa depan yang sehat hingga dewasa nanti. Terlebih lagi karena bayi sangat rentan terkena penyakit.

Mencegah virus menular masuk ke dalam tubuh bayi
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini banyak sekali virus-virus baru yang meresahkan masyarakat. Sehingga harus ada langkah khusus untuk mencegah peredaran virus-virus menular tersebut pada banyak orang. Tubuh bayi merupakan hal yang paling rentan dan mudah terserang virus. Dengan demikian imunisasi harus dilakukan untuk mencegah menularnya beberapa penyakit berbahaya.

Memberikan pertahanan pada tubuh bayi yang sangat lemah
Setiap bayi yang terlahir ke dunia membutuhkan imunisasi untuk pertahanan tubuhnya. Imunisasi tidak hanya diperuntukan bagi bayi prematur saja, namun juga pada bayi normal dan semua bayi lainnya. Karena pada dasarnya semua bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama dan patut dijaga.


Demikian manfaat imunisasi pada bayi yang bisa anda pelajari. Semoga dengan membaca artikel ini ilmu pengetahuan anda tentang kesehatan bayi semakin bertambah dan mampu menjaga bayi anda dengan lebih baik lagi.