Lidah Putih Pada Bayi




Lidah Putih Pada Bayi - Fase bayi merupakan fase utama dalam tumbuh kembang manusia, dimana bayi akan mengalami banyak sekali perubahan dalam pertumbuhan maupun perkembangannya. Seringkali, perubahan pada bayi akan membuat orang tua merasa was – was, karena dikhawatirkan hal ini adalah salah satu tanda pertumbuhan yang tidak normal.

Perubahan ini mencakup seluruh organ internal maupun eksternal bayi. Begitu pun pada lidah bayi, jika anda memperhatikan, ada lidah bayi yang permukaannya berwarna putih. Tak jarang orang akan bertanya-tanya, bahayakah lidah putih pada bayi ini? Apa penyebabnya? Berikut ini adalah ulasan mengenai penyebab lidah putih pada bayi yang wajib untuk anda simak.
Lidah putih pada bayi terjadi karena infeksi jamur
Lidah putih pada bayi terjadi karena infeksi jamur
Apabila bayi anda memiliki lidah dengan permukaan berwarna putih, jangan panik dahulu, kenalilah penyebab lidah putih pada bayi dan bagaimana penanganannya. Bercak putih yang ada pada permukaan lidah bayi sebenarnya tidak berbahaya, namun apabila dibiarkan terus – menerus akan dapat mengganggu dalam proses menyusui.

Pada dasarnya lidah putih pada bayi ini merupakan salah satu jenis infeksi yang disebabkan oleh jamur, yaitu jamur Candida Albicans. Infeksi ini biasanya diakibatkan karena kebersihan rongga mulut maupun lidah bayi yang kurang terjaga. Selain itu, infeksi bisa juga timbul akibat adanya peradangan pada puting payudara ibu. Peluang timbulnya lidah putih juga semakin besar saat ibu menyusui mengkonsumsi obat antibiotik setelah proses melahirkan guna penyembuhan.

Adapun kebersihan dari ibu dan bayi yang tidak terjaga akan sangat mempengaruhi timbulnya infeksi jamur ini, contohnya kebersihan alat-alat / botol susu untuk bayi dan kebersihan tangan ibu saat menyusui.

Lidah putih pada bayi memang tidak memiliki dampak yang fatal bagi bayi. Namun jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan, bercak putih ini dapat mengganggu proses menyusui pada bayi. Meski begitu, kebanyakan infeksi jamur ini dapat hilang dengan sendirinya, hanya saja membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Tak perlu kuatir terhadap lidah putih pada bayi. Terhadap bayi yang mengkonsumsi ASI, anda dapat menggunakan kasa yang telah dicelup air hangat untuk membersihkan lidahnya setiap kali selesai minum, dan untuk bayi yang memakai sufor, pastikan selalu menjaga kebersihannya.