Perawatan Mata Pada Bayi Yang Baru Lahir




Perawatan Mata Pada Bayi Yang Baru Lahir - Pada mata terdapat sumber air mata yang terletak di atas mata. Setiap 3 detik, sumber air mata ini mengeluarkan air mata yang mengalir ke saluran di ujung tengah mata yang dekat hidung. Pada bayi yang baru lahir, karena di kandungan belum pernah untuk menangis maka sumber air mata belum berproduksi sehingga salurannya masih tertutup. Jadi kadang terbuka akan tetapi lalu menutup kembali, sehingga air mata yang seharusnya sudah mengalir jadi tergenang.
Merawat mata bayi dilakukan dengan penuh kelembutan
Merawat mata bayi dilakukan dengan penuh kelembutan
Air mata memang bisa membunuh kuman namun untuk beberapa menit saja. Setelah lewat dari beberapa menit, air mata tidak membunuh kuman lagi tapi malah menjadi makanan kuman. Jadi, apabila air mata tergenang atau tidak mengalir pada mata bayi Anda, maka tumbuhlah kuman-kuman yang lalu menimbulkan tahi mata sehingga itu dapat membahayakan kornea.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pemijatan pada area sudut mata dengan menggunakan jari yang tidak berkuku panjang atau cotton buds yang dibasahi dengan air matang. Lakukan pemiijatan lembut dari sudut mata ke bawah dan juga ke arah hidung selama 5 – 10 kali. Lakukan kurang lebih 2 minggu, karena setelah itu, pada umumnya saluran air mata ini telah terbuka tetap dan bisa berfungsi. Untuk membersihkan tahi mata, maka gunakanlah kapas steril yang juga dibasahi air matang. Gunakan satu kapas steril untuk tiap mata.

Dalam merawat sang buah hati bukanlah hal yang tergolong mudah, namun membutuhkan kesabaran dan penuh kelembutan yang tidak semua orang bisa melakukannya. Bagi Anda yang baru pertama memiliki bayi, maka belajarlah dengan sabar dan lebih lembut terhadap sang bayi. Karena sang bayi sangatlah sensitif, terutama pada saat membersihkan mata pada bayi.

Bagi para bunda ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, semoga ulasan kali ini tentang perawatan mata pada bayi yang baru lahir dapat menjadi informasi yang berguna. Semoga si buah hati selalu sehat.