Penyakit Diare Pada Bayi




Penyakit Diare Pada Bayi - Diare merupakan penyakit yang paling sering terjangkit pada bayi terutama bayi yang baru lahir. Bayi baru lahir memang memiliki tubuh yang sangat sensitif dan mudah sekali terserang penyakit dan kuman. Pada usia 12 sampai dengan 14 bulan bayi akan semakin rentan terserang diare. Hal tersebut dikarenakan bayi pada umur 12 bulan sudah mengkonsumsi makanan padat sehingga banyak jenis makanan yang masuk pada saluran pencernaannya.

Kadang kita sebagai orang tua kurang mengetahui makanan yang cocok untuk bayi. Padahal tidak semua makanan mudah untuk dikonsumsi bayi. Jika sudah demikian, penyakit diare akan menyerang anak apabila anda tidak bisa mengontrol makanannya. Namun terjangkitnya penyakit diare pada bayi tidak selalu karena makanan sebagai faktor utamanya, melainkan ada hal lain yang menyebabkan diare timbul pada bayi anda. Apakah penyebab diare tersebut?
Kenali penyebab dan cara penanganan diare pada bayi anda
Kenali penyebab dan cara penanganan diare pada bayi anda
Berikut ini kami akan membahas penyakit diare pada bayi yang bisa anda pelajari.

Penyebab Diare
Diare pada bayi memiliki banyak penyebab diantaranya adalah infeksi yang masuk ke dalam tubuh bayi dikarenakan suatu virus atau adanya bakteri. Bakteri yang masuk dalam tubuh dan berkembang akan menjadikan bayi mengalami diare. Selain itu diare juga terjangkit karena adanya infeksi parasit pada tubuh yang mengganggu sistem pencernaan.

Penyebab selanjutnya adalah bayi mengalami alergi pada makanan atau minuman tertentu. Alergi tidak harus selalu ditandai dengan gatal-gatal saja melainkan juga mengalami diare.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diare
Pada saat bayi mengalami diare hindarkanlah susu formula untuk bayi anda yang jenisnya termasuk juga susu olahan. Apabila bayi anda mengalami diare, anda bisa menyediakan ASI atau yogurt alami sebagai pengganti cairan tubuh dan asupan nutrisinya.

Makanan dan Minuman untuk Mengobati Diare
Apabila bayi anda mengalami diare dan tak kunjung sembuh, cobalah beberapa buah pisang atau anda bisa memberikan wortel, kentang, sereal beras ataupun yoghurt sebagai salah satu cara menghentikan diare pada bayi.


Ketika anak mengalami penyakit diare, orang tua sering merasa cemas dan panik. Namun dengan artikel tentang penyakit diare pada bayi ini semoga anda tidak perlu risau lagi apabila bayi anda mengalami hal tersebut.