Bayi Berkeringat Yang Berlebih




Bayi Berkeringat Yang Berlebih - Dari beberapa ibu seringkali mengkhawatirkan bayi yang mengalami keringat yang berlebih. Apakah munculnya keringat yang berlebih pada bayi merupakan kelainan?

Produksi keringat pada dasarnya setiap anak mengalami perbedaan, tergantung dari produksi kelenjar keringat yang berada di dalam tubuh bayi anda. Dalam kondisi tertentu bahkan produksinya akan mengalami kelebihan dari biasanya. Misalkan saja disebabkan karena mekanisme mendinginkan suhu tubuh bayi anda yang terkadang berlebihan sehingga menyebabkan keringat yang banyak dari biasanya.

Pengaruh besar selain dari mekanisme tubuh bayi yang dapat menyebabkan bayi berkeringat berlebih adalah kondisi udara panas maupun ruangannya tidak nyaman. Kemampuan bayi pada usia ini saat mengatur suhu tubuh tidak dapat secepat pertumbuhan bayi anda. Anda tidak perlu cemas dikarenakan masalah keringat yang berlebih pada bayi. Selain itu keringat berlebih pada bayi hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu saja.

Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi berkeringat berlebih itu?

Merupakan metabolisme tubuh pada bayi
Tubuh sedang bermetabolisme sehingga menghasilkan keringat
Tubuh sedang bermetabolisme sehingga menghasilkan keringat
Keringat dapat mengeluarkan sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam yang tidak dibutuhkan bayi anda. Bahkan keringat merupakan tanda bahwa tubuh bayi sedang memproses susu yang dikonsumsi menjadi protein sebagai pasokan energi di dalam tubuh bayi.

Demam yang tinggi biasanya akan mengeluarkan keringat berlebih
Demam picu keringat berlebih
Demam picu keringat berlebih
Hal ini dikarenakan proses infeksi yang terjadi pada tubuh bayi memicu keringat berlebih. Sebaiknya untuk bayi lebih banyak beristirahat dan memberikan cairan sehingga tidak mengalami dehidrasi.

Tersumbatnya saluran keringat terjadi pada bayi
Saluran keringat yang terhambat membuat proses berkeringat tidak normal
Saluran keringat yang terhambat membuat proses berkeringat tidak normal
Hal ini dikarenakan pergantian sel-sel yang masih lambat sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati dan pada akhirnya akan mengakibatkan saluran kelenjar keringat tersumbat.

Bagaimana cara mencegahnya?

1. Anda pun dapat melakukan pencegahan dengan menjaga kenyamanan ruangan atau lingkungan di sekitarnya.

2. Gunakanlah baju bayi yang menyerap keringat, yang biasanya berbahan katun.

3. Jangan memberikan bedak pada kulit bayi yang masih basah karena akan memicu biang keringat.

4. Jagalah kebersihan tubuh sang buah hati dengan cara memandikan secara teratur sehingga tidak banyak keringat yang keluar.


Bila mendapat masalah keringat pada bayi anda dan keluhan berlebihan sebaiknya segera menghubungi dokter. Semoga tips cara mengatasi bayi berkeringat yang berlebih di atas dapat bermanfaat bagi anda dan sang buah hati anda.