Tips Menjaga Kebersihan Bayi Setelah Lahir




Tips Menjaga Kebersihan Bayi Setelah Lahir - Sebenarnya merawat bayi tidaklah terlalu sulit karena pada saat itu kegiatan aktivitas anak hanya menyusu, tidur, dan buang air. Bahkan hampir semua waktu di sepanjang hari digunakan untuk tidur terutama pada saat berumur 0-2 bulan.

Karena sang bayi di umur seperti ini masih belum bisa bermain, bahkan membuka mata dan mengangkat kepalanya saja masih belum bisa sehingga kegiatan seperti tidur, minum susu, dan buang air saja sepanjang hari merupakan hal yang wajar.

Berikut ini perawatan yang paling penting untuk diperhatikan mengenai halyang berkaitan dengan kebersihan bayi, antara lain :

Memandikan
Kehati-hatian saat memandikan bayi sangat diperlukan
Kehati-hatian saat memandikan bayi sangat diperlukan
Harus dengan berhati-hati pada saat memandikan bayi karena tulang lehernya masih lunak sehingga bayi masih belum mampu untuk mengangkat leher dan kepalanya sendiri. Untuk cara memandikannya, perhatikan cara yang ditunjukkan oleh suster yang bertugas di rumah persalinan. Cara suster biasanya membalikkan badan anak ketika saat memandikannya, namun jika kita belum terlalu mahir sebaiknya jangan ditiru atau dilakukan. Memandikan sang bayi tidak seperti memandikan anak yang sudah bisa duduk atau berdiri. Pada intinya dalam memandikan sang bayi adalah diperlukan kehati-hatian.

Mengganti popok anak
Popok bayi akan lebih sering basah
Popok bayi akan lebih sering basah
Merawat bayi yang berkaitan dengan mengganti popok sang bayi ini sangatlah dibutuhkan kesabaran, sebab bayi yang baru lahir sering sekali buang air kecil dan air besar. Jadi biasanya dalam sehari sang bayi harus diganti popoknya hingga 8 kali bahkan lebih. Setiap kali pada saat bayi buang air biasanya sang bayi menangis sehingga setiap kali bayi menangis kita harus sigap memeriksa apakah bayi buang air atau tidak. Karena jika kotoran dibiarkan dalam waktu yang lama, maka dapat menyebabkan tumbuhnya jamur atau ruam popok.

Sabar begadang
Kesabaran saat begadang menunggu anak yang gampang bangun
Kesabaran saat begadang menunggu anak yang gampang bangun
Pada masa bayi yang baru lahir kita sebagai orang tua wajib harus bersabar dan juga harus siap untuk dibuat begadang selama 3 bulan. Pada bayi umur 1-3 bulan, pada saat tidur biasanya bayi akan terbangun di malam hari (tengah malam) mungkin karena buang air ataupun haus.


Menjaga kebersihan bayi memanglah tidak mudah yang seperti dibayangkan karena bayi mudah sekali terkena iritasi. Namun semoga saja dengan informasi diatas tentang tips menjaga kebersihan bayi setelah lahir ini para bunda bisa belajar bagaimana sebenarnya menjaga kebersihan bayi dengan baik, apalagi bagi yang baru pengalaman. Semoga bermanfaat.