Tips Mencegah Cacingan Pada Bayi




Tips Mencegah Cacingan Pada Bayi - Cacingan seringkali terjadi pada usia balita dikarenakan pada usia ini anak-anak memilih permainan dengan berbagai media. Takterkecuali anak yang bermain dengan tanah. Tanah yang tercemar oleh telur cacing akan masuk ke pencernaan melalui tangan yang tidak bersih ketika akan mengkonsumsi makanan sehingga balita lebih beresiko tinggi terkena cacingan.

Cacingan dapat mengganggu kesehatann dan tumbuh kembang bayi sehingga membuat bayi rentan terkena penyakit. Ketika bayi terdapat cacing, di dalam tubuhnya akan terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang kurang optimal. Dalam hal ini penyebabnya karena cacing pada bayi menyerap sari makanan dan nutrisi tubuh. Sari makanan yang berada pada sel tubuh diserap oleh cacing dan akan terus berkembang biak pada tubuh bayi yang mengakibatkan berbagai masalah kesehatan diantaranya adalah perutnya cenderung buncit, berat badan yang tidak ideal dan tidak memiliki nafsu makan terutama ASI.
Cacingan pada bayi sangat mengganggu pertumbuhan
Cacingan pada bayi sangat mengganggu pertumbuhan
Dalam pencegahannya terhadap penyakit cacingan pada bayi anda, dilakukan dengan menghindari faktor-faktor yang menyebabkan cacing masuk ke dalam tubuh bayi anda.

Berikut adalah tips mencegah cacingan pada bayi.

Jagalah kebersihan anda dan bayi anda dengan memastikan perlengkapan bayi dalam keadaan yang bersih dan langsung bersihkan setelah anda menggunakannya. Pada pemberian ASI ataupun MPASI, anda dapat memastikan dari peralatan dan bahan yang sudah dicuci dengan bersih.
Mainan dan benda bayi sebaiknya selalu dibersihkan apalagi bila sedang memasuki fase oral, yang dikhawatirkan beberapa kuman dan bakteri akan masuk ke dalam pencernaan bayi anda. Selalu cek kebersihan jari dan kuku bayi anda apalagi yang sering memiliki kebiasaan memasukkan jari jemarinya ke dalam mulut.
Letakkan tempat tidur maupun baju bayi anda yang jauh dari debu dan kuman. Segeralah mengganti popok apabila telah buang air kecil dan besar. Berikanlah makanan dan minuman yang dapat memenuhi nutrisi tubuh bayi anda serta usahakan anda mengkonsumsi makanan yang berkualitas, karena produksi ASI yang baik bergantung pada makanan anda.

Itulah tips mencegah cacingan pada bayi semoga penjabaran di atas menjadi tambahan pengetahuan bagi anda untuk sang buah hati.