Tips Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir




Tips Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir - Salah satu penyebab kulit si bayi terserang penyakit karena kurang bersihnya kulit pada bayi tersebut. Kulit merupakan makanan yang disenangi berbagai kuman sehingga kita sebagai orang tua wajiblah untuk membersihkan kulit lembut sang buah hati kita. Untuk membersihkan kulit sang bayi ada tips-tips seperti berikut ini.

Proses Mandi
Mandi dengan menggunakan sabun pro vitamin B5
Mandi dengan menggunakan sabun pro vitamin B5
Memandikan sang bayi yang baru lahir cukup dengan 1 kali saja dalam sehari, dikarenakan sang bayi masih belum tahan dengan dinginnya air. Untuk caranya terserah Anda, bisa direndam di dalam bak atau juga dilap dengan waslap basah yang diberi sabun bayi. Untuk pemilihan sabun, pilihlah sabun yang mengandung pro-vitamin B5. Pemilihan sabun ini sangat bermanfaat pada sang bayi yang bisa menjaga kesehatan kulit bayi, kemudian memberikan rasa nyaman dan juga kulit tetap lembut.

Penggunaan Baby Oil dan Bedak
Baby Oil atau bedak bisa merawat kulit bayi
Baby Oil atau bedak bisa merawat kulit bayi
Setelah itu agar kulit bayi terhindar dari keringnya kulit, maka Anda bisa menggunakan baby oil untuk membuat kulit tetap halus, tidak kering dan tidak mudah lecet. Ini dikarenakan di dalamnya mengandung vitamin E. Anda juga bisa menggunakan bedak khusus untuk bayi dalam mengatasi biang keringat. Gunakanlah bedak bayi yang mengandung Pro Vitamin B5 juga, agar kulit si kecil tetap halus dan lembut.

Pengaturan Suhu Ruangan
Pengaturan suhu berpengaruh pada kulit bayi
Pengaturan suhu berpengaruh pada kulit bayi
Selain itu untuk mencegah terjadinya biang keringat pada kulit bayi, maka aturlah suhu ruangan bayi tersebut. Misalkan Anda bisa membuatkan ventilasi udara yang baik, atau menggunakan kipas angin dan AC. Yang penting bagaimana caranya agar sang bayi terasa nyaman dan tidak menimbulkan keringat.

Namun Anda juga harus tetap menjaganya pada jam-jam yang banyak mengeluarkan keringat misalnya seperti pada siang hari. Lap / bersihkan bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat dengan kapas yang sudah dibasahi dengan menggunakan air hangat atau tisu basah tapi yang non-alkohol. Lakukan sesering mungkin pada bayi Anda pada bagian yang banyak mengeluarkan biang keringat, terutama di daerah-daerah lipatan seperti leher, ketiak, punggung, perut dan sebagainya.


Mungkin hanya itu saja yang bisa penulis uraikan di halaman kali ini. Semoga saja dengan tips perawatan kulit bayi baru lahir kali ini bisa menambah wawasan para bunda, dan bunda bisa langsung mempraktekkannya di rumah.