Tips Melatih Bayi Berjalan




Tips Melatih Bayi Berjalan - Semakin bertambahnya usia bayi, semakin banyak pula hal yang sudah bayi lakukan dalam mengasah segala perkembangan otak maupun fisiknya. Mulai dari belajar tengkurap, duduk hingga berjalan. Pada saat bayi memasuki usia 11 hingga 18 bulan, bayi sudah diharuskan untuk mampu berjalan. Karena apabila bayi belum bisa berjalan pada usia tersebut, bayi bisa terindikasi memiliki gangguan pada saraf atau kelainan pada otot. Oleh karena itu orang tua harus melatih bayi berjalan sejak dini.

Bagaimana cara pelatihan berjalan untuk bayi? Anda tidak perlu cemas karena kami akan memberikan tips melatih bayi berjalan yang bisa anda lakukan untuk melatih si kecil.

Berdiri dibantu orangtuanya
Bunda bantu bayi agar berdiri
Bunda bantu bayi agar berdiri
Bayi yang belum mampu berjalan memiliki tingkat keseimbangan yang belum sempurna. Namun apabila bayi anda sudah mampu berdiri tegak latihlah bayi anda berjalan dengan menggenggam tangannya kemudian arahkan bayi agar berjalan dengan berpegangan tangan anda terlebih dahulu. Bayi juga bisa anda arahkan untuk berjalan sambil berpegangan pada benda di sisinya secara perlahan atau sambil menyentuh dinding.

Berpegangan dengan satu tangan
Pegangan dengan satu tangan pada tahap selanjutnya
Pegangan dengan satu tangan pada tahap selanjutnya
Apabila langkah bayi sudah mulai seimbang, ajarkan bayi anda untuk berpegangan dengan satu tangan saja. Hal tersebut untuk melatih kemampuan berjalan bayi secara bertahap dan membantu menyeimbangkan langkah kakinya serta lekukan lututnya agar lebih tegak pada saat berdiri.

Anda juga bisa mengalihkan perhatian bayi anda agar bisa melepaskan genggaman tangannya saat berjalan. Saat perhatian bayi anda tertuju pada suatu hal, mulailah untuk melepaskan tangan anda sehingga bayi dapat berdiri dan berjalan tanpa ia sadari.

Pancing dengan mainan kesukaan
Pancing bayi lewat mainan kesukaan
Pancing bayi lewat mainan kesukaan
Anda juga dapat memancing bayi agar mau berjalan dengan meletakan mainan kesukaannya. Namun dalam hal ini anda membutuhkan pasangan atau orang terdekat untuk membantu mengalihkan perhatiannya. Pada saat bayi berjalan dengan menggenggam tangan, cobalah untuk membuatnya fokus terhadap mainan kesukaannya. Saat ia akan mengambil mainan tersebut, lepaskan genggamannya dan biarkan ia berjalan untuk mengambil mainannya sendiri.


Itulah beberapa tips melatih bayi berjalan yang bisa anda coba di rumah. Semoga dengan tips diatas perkembangan bayi anda akan menjadi lebih baik lagi.