Obesitas Pada Bayi




Obesitas Pada Bayi - Obesitas merupakan penyakit kelebihan berat badan diatas berat badan normal pada umumnya. Kita dapat mendeteksi obesitas pada tubuh melalui beberapa cara yang salah satunya adalah melakukan perbandingan antara tinggi badan dengan berat badan tubuh. Penyebab obesitas juga bermacam-macam tergantung dari pola hidup, pola makan maupun faktor keturunan yang menyebabkan tubuh mengalami obesitas.

Tidak hanya orang dewasa saja yang mengalami gejala obesitas namun bayi juga berpotensi mengalami hal tersebut. Biasanya kedua orang tua yang bertubuh gemuk akan berpotensi memiliki bayi dengan tubuh yang gemuk pula. Sementara jika yang bertubuh gemuk hanya salah satu dari orang tua bayi maka potensi gemuk pada tubuh bayi sekitar 40% saja.
Obesitas pada bayi bisa karena beberapa faktor
Obesitas pada bayi bisa karena beberapa faktor
Sebenarnya apa saja penyebab obesitas pada bayi dan bagaimana ciri-cirinya? Berikut ini kami akan membahas obesitas pada bayi.

Penyebab Terjadinya Obesitas Bayi
1. Faktor Keturunan

Bayi yang mengidap obesitas biasanya disebabkan oleh faktor keturunan yang dimiliki oleh orang tuanya. Obesitas pada orang tua biasanya juga disebabkan oleh kadar penyakit gula atau diabetes.

2. Pola Makan Ibu

Penyebab lainnya adalah pola makan ibu yang berlebihan pada masa kehamilan dapat menyebabkan bayi mengidap obesitas. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi merupakan makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Ibu hamil yang kurang berolahraga juga akan mewariskan penyakit obesitas pada bayinya.

Ciri-ciri obesitas pada bayi
1. Berat Badan Diatas Normal

Bayi yang memiliki potensi terkena obesitas memiliki ciri fisik yang sangat jelas terlihat yaitu berat badan bayi diatas normal berat badan bayi pada umumnya.

2. Tinggi Dan Berat Yang Tidak Seimbang

Ciri berikutnya adalah anda dapat membandingkan indeks masa tubuh bayi dengan cara mengukur keseimbangan antara berat badan dan tinggi tubuh bayi. Apabila berat badan tidak sebanding dengan tinggi tubuh berarti bayi berpotensi terkena obesitas.

3. Lipatan Tubuh Lebih Dari 2 Lipatan

Anda juga dapat mengenali ciri fisik bayi obesitas dengan menghitung berapa banyak lipatan pada tubuhnya. Apabila lipatan pada tubuh bayi melebihi dua lipatan bisa dipastikan bahwa bayi tersebut mengalami obesitas.

Beberapa ciri dan penyebab obesitas pada bayi harus dikenali serta jaga pola makan anda untuk menjaga kesehatan anda dan bayi anda. Kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup yang harus selalu diprioritaskan.