Belajar Lebih Dalam Tentang Merawat Bayi Baru Lahir




Belajar Lebih Dalam Tentang Merawat Bayi Baru Lahir - Pada masa bayi yang baru lahir atau dengan kata lain neonatal adalah pada masa menginjak 28 hari pertama di lingkungan kehidupan manusia. Pada saat masa-masa ini akan terjadi proses penyesuaian sistem terhadap tubuh bayi yang pada awalnya dari kehidupan di dalam rahim ke kehidupan di luar rahim atau lingkungan kehidupan manusia.

Masa seperti ini adalah masa yang sangat perlu untuk mendapatkan perhatian dan perawatan yang ekstra dari orang di sekelilingnya atau keluarga terutama kedua orang tua sang bayi, karena pada masa - masa ini terdapat mortalitas yang paling tinggi.
Pentingnya merawat bayi yang baru lahir
Pentingnya merawat bayi yang baru lahir
Berdasarkan hasil dari Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia atau di singkat SDKI 2012, yang menyatakan bahwa pada angka kematian bayi dalam usia 28 hari pertama merupakan angka yang masih dikatakan cukup tinggi yaitu sebesar 34 kematian bayi dari 1000 kelahiran hidup. Dengan kata lain adanya angka kematian bayi merupakan salah satu indikator derajat dari kesehatan suatu bangsa.

Dengan tingginya angka kematian bayi tersebut dapat menjadi petunjuk bagi kita semua, bahwa pelayanan maternal dan neonatal di suatu negara bisa dinilai kurang baik. Kemudian penyebab tingginya angka kematian bayi dalam usia 28 hari pertama lainnya adalah dikarenakan kurang baiknya pelayanan, penanganan dan juga perawatan untuk bayi baru lahir.

Berikut ini adalah cara perawatan bayi baru lahir untuk mengurangi bahkan mencegah bertambahnya angka kematian dalam usia 28 hari pertama, yang meliputi :

• Pencegahan infeksi.

• Penilaian bayi baru lahir.

• Pencegahan adanya kehilangan panas pada bayi.

• Asuhan tali pusat.

• Inisiasi menyusu dini yang disingkat IMD.

• Pencegahan perdarahan.

• Pemberian imunisasi.

• Pemeriksaan bayi baru lahir.

Semua hal tersebut harus diperhatikan, khususnya untuk para orangtua yang baru pertama kali akan memiliki bayi.

Semoga ulasan diatas tentang belajar lebih dalam tentang merawat bayi baru lahir dapat bermanfaat bagi para bunda khususnya.