Penyebab Bayi Tidur Tidak Nyenyak




Penyebab Bayi Tidur Tidak Nyenyak - Bayi membutuhkan waktu tidur yang cukup panjang karena bayi masih sangat rentan dengan segala penyakit yang menyerang tubuhnya. Oleh karena itu dibutuhkan istirahat yang cukup demi menjaga kekebalan tubuhnya.

Bayi yang kurang tidur memiliki kekebalan tubuh yang kurang dan rawan terkena penyakit. Apabila bayi kurang tidur akan mudah terserang berbagai macam penyakit dan beresiko mengalami penyakit diabetes. Terlebih lagi jika orang tua bayi tersebut memiliki riwayat penyakit diabetes.
Bayi tidak bisa tidur nyenyak karena beberapa sebab
Bayi tidak bisa tidur nyenyak karena beberapa sebab
Kurangnya tidur pada bayi disebabkan oleh gangguan tidur yang membuat tidurnya tidak nyenyak. Apa saja gangguan tidur tersebut? Berikut ini kami akan membahas penyebab bayi tidur tidak nyenyak.

Bayi mengalami gangguan tidur ketika bayi dalam keadaan sakit
Sakit bisa membuat bayi tidak nyenyak tidur
Sakit bisa membuat bayi tidak nyenyak tidur
Biasanya sakit yang paling sering diderita bayi adalah penyakit flu dan juga batuk. Batuk biasanya sering mengganggu pada malam hari sedangkan flu akan menganggu pernafasan bayi yang berimbas tidak nyenyaknya pola tidur bayi.

Bayi menjadi rewel dan terbangun dari tidurnya ketika ia merasa lapar
Lapar bisa memicu bayi susah untuk tidur
Lapar bisa memicu bayi susah untuk tidur
Hal tersebut merupakan hal yang wajar pada setiap bayi karena kondisi fisik bayi yang masih lemah dan kebutuhan nutrisi yang sangat besar, mengakibatkan bayi sering merasa lapar.

Tidur bayi juga akan terganggu apabila popok bayi terasa basah
Popok yang basah membuat bayi terbangun
Popok yang basah membuat bayi terbangun
Dalam satu malam, seorang ibu bisa mengganti popok bayi dari 6 sampai 7 kali ganti popok akibat buang air kecil maupun besar. Oleh karena itu bayi seringkali mengalami tidur yang tidak nyenyak.

Bayi terlalu banyak bermain pada saat sebelum tidur

Bermain berlebihan membuat pegal dan susah tidur
Bermain berlebihan membuat pegal dan susah tidur
Seharusnya bayi tidak boleh melakukan aktifitas yang berlebihan. Walaupun bermain merupakan hal yang menyenangkan bagi bayi, namun bila bayi terlalu kelelahan badan bayi akan terasa pegal sehingga pada saat tidur bayi merasa kurang nyaman. Sebagai orang tua anda harus sigap dan peka terhadap bayi anda. Jangan biarkan bayi anda bermain melebihi batas waktu agar tidak lelah.


Demikianlah beberapa faktor penyebab bayi tidur tidak nyenyak. Menjaga kesehatan bayi merupakan hal yang terpenting bagi anda. Untuk itu mulailah untuk mengajarkan bayi anda tidur tepat waktu demi menjaga kesehatannya.