Penyakit Ikterus Pada Bayi




Penyakit Ikterus Pada Bayi - Ikterus merupakan penyakit kuning yang terjadi karena adanya peningkatan bilirubin pada bayi. Bilirubin adalah suatu zat yang terbentuk karena adanya proses pemecahan hemoglobin atau darah merah. Ikterus pada bayi yang baru dilahirkan merupakan sesuatu yang normal. Biasanya ikterus terjadi pada minggu-minggu pertama bayi lahir ke dunia.

Menurut para ahli sekitar 60 sampai dengan 70% bayi yang baru dilahirkan, selama seminggu akan mengalami gejala ikterus dan hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi. Namun apabila penyakit ikterus sudah melebihi seminggu, anda patut mewaspadai gejala tersebut. Meski demikian tidak banyak orang yang tahu dan mengerti tanda-tanda dan penyebab ikterus tersebut. Apa saja tanda dan penyebab ikterus? Berikut ini kami akan membahas tentang penyakit ikterus pada bayi.
Penyakit ikterus atau warna kulit kuning pada bayi
Penyakit ikterus atau warna kulit kuning pada bayi
Tanda Penyakit Ikterus
Penyakit ikterus atau yang biasa disebut dengan penyakit kuning memiliki tanda berubahnya warna kulit menjadi agak kekuningan pada hari kedua sampai hari keempat pasca kelahiran bayi tersebut. Apabila bayi telah memiliki tanda tersebut, periksakanlah kadar bilirubin pada dokter anda. Apabila kadar bilirubin bayi mencapai 5 mg atau kurang dari 12 mg berarti bayi anda positif mengalami ikterus.

Penyebab Ikterus
Bayi yang mengidap ikterus memiliki banyak faktor sehingga ikterus terjadi pada tubuhnya. Faktor tersebut antara lain adalah

1. Terjadinya pemecahan darah secara berlebihan yang mengakibatkan darah tidak lagi sesuai antara bayi dan ibunya.

2. Penyebab kedua adalah karena bayi mengalami gangguan fungsi hati sehingga menyebabkan kulit menjadi kuning.

3. Sementara penyebab ketiga adalah proses peningkatan bilirubin yang tidak seimbang dengan menurunnya albumin pada tubuh bayi.

4. Penyebab selanjutnya adalah terjadinya infeksi akibat dari liver yang tersumbat dan menyebabkan sel liver menjadi rusak.

Diantara semua penyebab diatas faktor terpenting penyebab terjadinya ikterus adalah karena bayi tidak mampu menahan peningkatan bilirubin pada tubuhnya. Biasanya ketidakmampuan bayi tersebut karena adanya masalah pada saat kehamilan.

Demikian beberapa keterangan tentang penyakit ikterus pada bayi yang dapat kami bagikan kepada anda. Dengan adanya informasi tentang penyakit ikterus tersebut, anda bisa lebih berhati-hati dalam mengawasi kesehatan bayi anda.