Cara Membedakan Mata Juling Pada Bayi




Cara Membedakan Mata Juling Pada Bayi - Untuk bayi yang berusia 3 bulan seringkali penglihatannya belum optimal. Pada mata bayi, fungsinya sebagai penglihatan akan optimal pada usia 3 sampai 6 bulan ke atas. Sedangkan apabila anda telah menemui fokus mata yang simetris pada bayi saat berusia 6 bulan lebih maka sebaiknya anda harus lebih waspada karena bisa jadi terjadi kelainan berupa juling.

Untuk kelainan juling dibagi menjadi dua bentuk yaitu bentuk juling esotopia dan exotropia. Juling esotopia merupakan juling ke arah mendalam sehingga mendekati batang hidung. Sementara itu juling exotropia yaitu juling ke arah luar sehingga menjauhi hidung.
Berbagai sebab dan cara penanganan mata juling pada bayi
Berbagai sebab dan cara penanganan mata juling pada bayi
Berikut ini cara sederhana membedakan mata juling pada bayi yang bisa anda lakukan beserta penanganannya. Ini karena mata juling pada bayi harus disesuaikan dengan kondisi juling, perbedaan diantaranya sebagai berikut :

1. Mata juling yang disebabkan oleh mata yang malas

Cirinya yaitu salah satu mata bayi anda tidak aktif melihat sehingga koreksi yang dapat anda lakukan adalah dengan menutup mata bayi normal sehingga mata yang malas pada bayi anda dapat dilatih.

2. Juling yang disebabkan karena keterbatasan penglihatan

Dalam hal ini disebabkan karena rabun dekat sehingga diperlukan kacamata plus pada saat buah hati anda dewasa kelak. Keterbatasan penglihatan yang dapat dideteksi sejak dini adalah salah satunya perbedaan kemampuan melihat antara mata kanan dan mata kiri.

3. otot mata yang panjang sebelah

Jenis juling ini membutuhkan operasi yang dapat dilakukan lebih dari satu kali. Namun meski demikian, operasinya ringan dan hampir tidak memiliki efek samping sehingga jauh lebih penting berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis anak.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut dapat anda lakukan pada usia anak anda sudah menginjak 2 tahun. Biasanya anda akan diminta data-data oleh dokter setiap memeriksakan sang buah hati anda. Beberapa datanya meliputi kondisi saat sang buah hati berusia 6 bulan, lanjut ke usia 1 tahun atau 2 tahun. Data tersebut sangat penting bagi seorang dokter untuk menentukan kelainan pada anak anda. Dengan begitu pada usia balita di bawah 5 tahun nanti sangat penting sekiranya untuk dapat menghilangkan dominasi dari salah satu mata yang tidak juling pada anak anda sehingga pada akhirnya dominasi fungsi penglihatan mata yang juling mengalami penurunan secara bertahap.

Itulah pembahasan tentang cara membedakan mata juling pada bayi dan semoga bermanfaat.